Jumat, 10 Februari 2023

Perpanjang STNK

Ganti plat nomor motor sehari langsung jadi.
   Tidak terasa 5 tahun sudah berlalu, plat nomor harus ganti yang baru alias bayar pajak lima tahunan plus pajak tahunan.
   Syarat- syarat perpanjang stnk /ganti plat nomor baru yaitu Ktp asli, Stnk asli, Bpkb asli dan yang penting uang asli untuk membayar hehee...serta pulpen untuk nulis daripada nanti repot harus pinjam kesana kemari.
  Jam 09.00an saya datang ke Samsat Bantul, lalu saya memilih parkir di halaman Samsat supaya memudahkan saat cek pisik.
   Kemudian saya keluar untuk photocopy berkas persyaratan perpanjangan stnk. Langsung saya bilang "photocopy untuk perpanjang stnk". Kemudian tukang photocopy langsung meminta ktp,stnk dan bpkb asli kemudian mengcopy lalu distaples satu bundel.
Kemudian saya bayar Rp 4000 bonus plastik stnk.
   Saya begegas masuk samsat dan bertanya pada scurity, untuk perpanjang stnk atau ganti plat nomor daftar di bagian mana dulu.
Ternyata cek pisik dulu,yang berada di pojok barat samsat
Saya ambil formulir sekaligus antrian dan mengisi data sesuai stnk, kemudian antri menunggu.
   Lama juga saya menunggu, memang antrian saya sudah nomor 150.
Akhirnya giliran saya tiba, petugas gesek nomor rangka dan mesin kemudian ditempel di formulir dan di paraf.
   Kemudian saya masuk dibagian pengesahan yang berada di pojok tenggara,setelah mendapat pengesahan saya disuruh ke bagian pendaftaran dan pembayaran yang berada di sampingnya.
Antri sebentar kemudian saya dipanggil dan membayar Rp 160.000 untuk perpanjang stnkdan ganti plat nomor.
   Kemudian saya disuruh masuk ke dalam samsat dan memasukkan berkas di loket pendaftaran pajak.
Baru duduk sebentar saya dipanggil, ternyata bpkb asli saya dikembalikan.
   Menuggu lagi, setelah beberapa lama akhirnya ada pangilan kira-kira sepuluh orang sekaligus. Ternyata kami diminta membayar pajak tahunan. Dan satu persatu kami membayar, motor saya vario tehno tahun 2009 habis Rp 215.000,00.
   Jadi total biaya saya Rp 160.000 +Rp 215.000 menjadi Rp 375.000,00.
   Tinggal saya menunggu hasil stnk dan notice pajak, duduk dulu brooo...aduh sudah jam 11.45  wib. Lumayan setengah hari kelar,daripada nunggu istirahat.
   Beberapa saat kemudian ada panggilan dan saya termasuk di dalamnya.
  Ada pengumuman dari petugas bahwa plat nomor langsung jadi hari ini dan pengambilan dilakukan di sebelah barat gedung samsat. Wow senang gak perlu nunggu berbulan- bulan.
   Akhirnya saya mendapat panggilan untuk menerima stnk, dan pindah ke sebelah barat gedung untuk menunggu hasil plat nomor dan notice pajak.
    Jam 12.40 wib akhirnya saya mendapatkan plat nomor dan notice pajak, dan kemudian bergegas pulang.

   Demikian pengalaman saya semoga bermanfaat bagi sobat semua.



  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar